Sunday, May 31, 2009

Apa itu PTC ?

Kurang lebih 2-3 hari yang lalu, saya iseng-iseng surfing di internet. Tiba-tiba 'nyasar' ke 1 web yang menawarkan tentang PTC. PTC atau yang lebih dikenal dengan "Paid To CLick" ini adalah semacam web yang memberikan kita sejumlah uang baik dalam ukuran rupiah (Rp.) atau pun bisa juga dalam bentuk $ (dollar). OK, untuk lebih jelasnya saya akan mencoba menguraikannya dalam bentuk semi tanya jawab supaya mudah diikuti.

1. Apa itu PTC ?

PTC (Paid To Click) adalah Salah satu jenis program bisnis di Internet, GRATIS daftar, kita sebagai member dibayar setiap kali membuka (KLIK) iklan sponsor yang ada pada website penyedia PTC tersebut selama beberapa detik, biasanya antara 5 - 20 iklan perhari tergantung dari masing masing website PTC. Kalo mau gampang sih hapalin aja rumusnya ini : KLIK > LIHAT > DAPAT UANG…Mudah bukan?

2. Ini Beneran ya ? KOk Mereka (web PTC) ini mau aja membayar setiap klik kita sih ?

Yup, ini beneran bukan rekayasa ato tipu-tipu. Setiap iklan yang kita lihat dan klik itu adalah iklan dari suatu produk baik perseorangan atau perusahaan yang menjual baik barang atau jasa. Orang-orang / perusahaan ini yang memanfaatkan jasa web PTC untuk memasarkan iklan mereka dengan membayar sejumlah komisi ke web PTC. Nah dari komisi ini, web PTC itu membayar kita yang melihat dan mengklik iklan-iklan tersebut. Jadi istilahnya ini kayak kerjasama yang saling menguntungkan lah. Perusahaan/produsen untung, web PTC untung dan kita yang klik juga untung.

3. Gimana Daftar-nya, Susah ga ?

Susah ? Tidak justru mudah saja. Kita cuma butuh 3 hal aja : KOmputer, Internet dan Mouse. Ga punya 3 benda ini ? Gampang aja, kan ada warnet tuh, sewa aja 1 jam hehe.. Jadi nanti kita buka alamat web PTC-nya. Kalo sudah, kita harus DAFTAR / REGISTER dulu. Daftar / REGISTER-nya GRATIS !!!! Bingung gimana cara daftar / REGISTER di web itu ? Tenang-tenang, kita lihat aja bagian web itu yang ada tulisan DAFTAR / REGISTER -nya lalu kita isi deh data-data yang dibutuhkan. Abis itu kita baru bisa menklik iklan-iklan yang ada.

4. Apa ada aturan-aturan dalam men-klik iklan-iklan ini ?

Yup, ada dong. Semua butuh peraturan agar teratur dan terkendali. Yang pertama kita cuma bisa men-klik iklan di bagian menu yang tertulis "Klik Iklan", "Surf Ads", "View Ads" atau "Browse Ads". Klik iklan yang ada, tunggu beberapa saat, biasanya ada hitungan mundur di halaman iklan itu. Setelah sampai angka 0 atau muncul huruf Done atau ada perintah close atau ada tanda centang (V), baru Klik iklan berikutnya. JANGAN KLIK LEBIH DARI 1 IKLAN DALAM WAKTU BERSAMAAN ! Jelas?:) Kalo kita main serabutan klik klak 2 iklan atau lebih sekaligus bisa-bisa kita dikira "spam" dan nanti dihapus keanggotaannya (di-banned).

5. Bagaimana dengan status keanggotaan / member saya ?

Umumnya ada 2 status dalam suatu web PTC yang dikenal dengan istilah standard dan premium member. Standard member itu status yang dikenakan kepada kita ketika kita mendaftar pertama kali. Di standard member ini fasilitas yang kita dapatkan terbatas. Ya iyalah yak uda daftar gratis mau ngarep lebih hehe... Nanti kalo kita uda cukup mapan, kita bisa naikin ato istilah kerennya "upgrade" ke MEMBER PREMIUM. Bedanya dimana yak ? Jadi gini, MEMBER PREMIUM itu nantinya akan mendapatkan jumlah klik iklan yang LEBIH BANYAK, biaya per klik yang MENINGKAT & berlaku juga buat referalnya. Enak dong kalo gitu mah ...? Yup enak sih enak, cuma yang perlu diingat dan digarisbawahi adalah ketika kita uda jadi MEMBER PREMIUM itu berarti ada batasan waktu-nya ato dengan bahasa yang lebih sederhananya untuk bisa tetap klik-klak kita harus bayar sejumlah uang dalam batasan tertentu sebagai biaya langganan (biasanya 1 bulan - 1 tahun) TAPI INI CUMA UNTUK PREMIUM BUKAN STANDARD MEMBER. INGA INGA ding !!!


6. Bagaimana kita dibayar ?

Biasanya terbagi 2 macam. Untuk jenis PTC lokal alias dalam negeri (made in Indonesia) pembayarannya lewat rekening bank lokal kayak BCA, Mandiri, BNI, dll dan kadang-kadang ada yang membayar lewat paypal/alertpay/e-gold. Mudah toh ?

7. Kapan kita akan dibayar ama web PTC itu ?

Tergantung dari masing-masing PTC. Di beberapa PTC rata-rata kita dibayar jika saldo kita sudah mencapai Rp.50.000,- BAHKAN ada yang berani bayar dengan saldo yang mudah Rp. 20.000.

8. Berapa hasil yang kita dapatkan dari klik iklan gini ?

Besar pembayaran berbeda-beda, tapi rata-rata Rp100-200 per klik dan jika kita menarik member lain (referral) maka Anda akan mendapat Rp100-200 juga dari klik refferal Anda. Sebagai tambahan informasi saja, ada beberapa PTC luar negeri yang berani membayar $0,1 / klik ato setara Rp. 1000/klik. Ga percaya ? Sama, dulu saya juga ga percaya, tapi pas dicoba eh beneran loh haha... Saya ambil contoh PTC dari Indonesia KlikRupiah, PTC ini membayar kita Rp.100 setiap kali kita klik iklannya:

* Kita klik 10 iklan per hari = Rp.1000,-
* 20 referral klik 10 iklan perhari = Rp.20.000,-
* Pendapatan mingguan kita = Rp.147.000,-
* Pendapatan bulanan kita = Rp.588.000,-

Kecil? tapi tunggu dulu, itu baru ikut 1 web PTC, anggap contoh tadi Rp 588.000/bulan atau $53/bulan.

Bagaimana kalo kita ikut 10 Web PTC ?

Rp 588.000 x10=5.880.000 lumayan kan? Dan ini dilakukan kira-kira 30-60 menit perhari untuk 10 web. Anggap jeleknya penghasilan dari 5.880.000 menjadi 1,5 jt, masih lumayankan buat tambah tambah uang Jajan? toh gampang dan hanya 30-60 menit sehari hanya KLIK >LIHAT >DAPAT UANG.

Bisa dikerjakan sambil mengisi waktu luang sambil nonton TV , sambil menunggu atau lagi di jalanan macet, atau ibu rumah tangga sambil menjaga anak dirumah :)

Untuk Anda yang tertarik bisa lihat disini dan sini. Untuk mereka yang memutuskan tidak mau mencoba, saya hanya dapat mengucapkan terima kasih telah mengunjungi blog saya, semoga isi blog ini bisa jadi pengetahuan bagi kita semua. Salam kenal juga ya.


No comments: