Thursday, June 11, 2009

Sejarah Blog

Hari ini sudah banyak pengguna internet yang mengekspresikan diri melalui blog. Banyak orang tahu bagaimana menggunakan blog, tapi tak semuanya tahu sejarah blog.
Blog pertama kali telah dibuat dengan menggunakan browser Mozaic sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum adanya Netscape dengan halaman yang bernama What's New. Halaman What's New ini pertama kali dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Tapi awalnya, halaman yang bernama What's New tersebut belum diketahui sebagai blog, sehingga blog pertama yang dikenal merupakan website pribadi Justin Hall yang bernama Justin's Home Page yang kemudian berubah nama menjadi Links from Underground yang pada bulan Januari tahun 1994.

Pada awalnya, sekitar tahun 1998, pembuatan blog itu sangatlah memerlukan keahlian dan pengetahuan khusus mengenai cara pembuatan website : kode HTML, dan pengetahuan tentang web hosting. Sehingga hanya para system administrator dan web designer lah yang banyak membuat blog pada tahun tersebut.

Karena sulitnya pembuatan blog, maka pada bulan Agustus tahun 1999, perusahaan Silicon Valley yang bernama Pyra Lab membuat layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa saja yang ingin membuat blog sendiri tanpa adanya pengetahuan mengenai HTML, dan layanannya tersedia secara online dan gratis. Bahkan sebelum Blogger.com muncul, telah ada layanan membuat blog online gratis yang bernama Pitas pada bulan Juli tahun 1999. Tetapi Blogger.com-lah yang mempopulerkan blog, sehingga kini terdapat jutaan blogger dengan tingkat pertumbuhan sekitar 20% per bulannya.

Selanjutnya, pembuatan blog gratis diikuti oleh Grouksoup, Edit This Page, dan juga Velocinews. HIngga kini telah terdapat jutaan blog yang dibuat di internet. Sekarang juga telah hadir banyak software untuk membuat blog dan layanan-layanan seperti LiveJournal, Movable Type, TypePad, TextPattern, Radio Userland dan PMachine. Program tersebut hanya tinggal diinstal dan langsung dapat digunakan karena telah berisi aplikasi-aplikasi yang diperlukan dalam membuat blog.

No comments: