Friday, August 7, 2009

Flu BABI : WHO Give UP !!!

Mungkin banyak yang belum menyadari betapa dahsyatnya penyebaran virus Flu Babi. Berikut berbagai informasi dari Internet dan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk pencegahan diri

PENYEBARAN FLU BABI DI SELURUH DUNIA

* Saking cepatnya menyebar, pada tanggal 6 Juli 2009, WHO akhirnya menghentikan monitoring jumlah orang yang terjangkit Flu Babi. Angka terakhir (19 Juli 2 00 9), menyebutkan bahwa Flu Babi sudah menyebar di 160 negara, menjangkiti 137.215 orang dan mengakibatkan 8 00 orang meninggal. Walaupun persentase kematiannya relatif kecil, tetapi yang mengkhawatirkan adalah kematian-kematian tersebut terjadi di negara-negara maju yang mempunyai sistem perawatan kesehatan yang relatif baik.

* WHO sudah menyatakan bahwa Swine flue “Unstoppable” dan memasuki tahap 6 (tahapan tertinggi) yaitu “Widespread Human Infection”.

* Sebagai contoh Negara Inggris sudah kewalahan untuk menangani penyebaran Flu Babi. Semua penderita diwajibkan untuk tinggal di rumah saja, tidak dianjurkan ke Rumah Sakit dan masuk ke website penanganan pandemi Flu babi. Dalam 1 (satu) jam, website dikunjungi 9 juta orang. Website tersebut membantu analisa apakah seseorang menderita Flu Babi atau penyakit yang mirip lainnya seperti Meningitis. Lalu bila sudah bisa dikonfirmasi mengalami indikasi terjangkiti penyakit Flu Babi, pada bagian akhir website tersebut akan memberikan nomer untuk pengambilan obat Flu babi.


SITUASI DI INDONESIA
Menurut WHO pada tanggal 23 Juli ada 322 kasus di Indonesia . Sudah ada penderita H1N1 yang meninggal. Di Asia tenggara, Indonesia ranking kedua setelah Thailand. Departemen Kesehatan RI menyediakan khusus website untuk penanggulangan Flu Babi. Berikut websitenya

LANGKAH PENCEGAHAN PRIBADI
1. Cara mencegah penularan Flu Babi dilakukan melalui langkah-langkah “kebersihan diri” (personal Hygiene) dan meningkatkan ketahanan tubuh (makan makanan bernutrisi, minum banyak air dan cukup istirahat). Lihat poster dikiri dari WHO.

2. Salah satu pencegahan yang paling efektif adalah dengan mencuci tangan. Sampai-sampai WHO mengajarkan secara rinci metoda mencuci tangan yang terbaik. Lihat poster dikanan dari WHO juga


LANGKAH PENCEGAHAN BAGI KARYAWAN DAN DI GEDUNG-GEDUNG PT REKAYASA INDUSTRI
1. Bepergian ke luar negeri masih terus dibatasi dan dilarang. Bepergian hanya untuk kegiatan yang sangat, sangat urgent. Harap usulan Surat Perintah Jalan (SPJ) ke Luar negeri, untuk sementara dikirimkan ke Dirut untuk memperoleh persetujuan.

2. Bagi yang akan ke Luar negeri (bila penugasannya dianggap sangat, sangat urgent), maka ybs harus dicheck kondisi fisiknya oleh dokter atau suster jaga perusahaan, untuk diukur temperatur tubuhnya dan dicheck kondisi badannya. Bila kondisi badannya tidak sehat (suhu badan tinggi misalnya), maka perjalanan ke luar negerinya dibatalkan.

3. Bila berpergian keluar kota , diminta untuk tidak langsung kembali ke kantor tetapi pulang ke rumah, dan mandi di rumah terlebih dahulu serta berganti pakaian bersih sebelum masuk ke kantor kembali.

4. Setiap karyawan dan tamu yang masuk ROB-1 & ROB-2 dalam waktu dekat akan di-scan dengan thermal scanner. Bila temperatur tinggi (> 38C) akan dilarang masuk ke ruangan-ruangan.

INDIKASI TERSERANG FLU BABI
Berikut ciri-ciri bila seseorang terserang Flu Babi :

* Panas badan melebihi 38 C
* Terasa lelah (Lethargy)
* Tidak ada nafsu makan
* Hidung mengalir
* Merasa sakit tenggorokan bila menelan
* Batuk
* Otot-otot sakit
* Sambungan tulang nyeri
* Mual-mual dan ingin muntah
* Diare

Bila mengalami gejala-gejala tersebut diatas, silahkan menghubungi 1 00 rumah sakit di Indonesia yang mampu untuk merawat penderita Flu Babi. Berikut daftar 100 rumah sakit resmi dari Depkes yang mampu untuk menangani Pandemi Flu Burung (kemudian Flu Babi). Namun di Jakarta hanya ada 3(tiga) Rumah Sakit yaitu :

1. RSPI Dr Sulianti Saroso – Jl Baru Sunter Raya Permai Jakarta – 021-6506559
2. RSU Persahabatan – Jl Persahabatan Raya
3. RSPAD Gatot Subroto – Jl Dr A Rachman Saleh No 24, Jakarta Pusat – 021-371008

Demikian beberapa instruksi untuk dilaksanakan.

Jangan lupa kunjungi blogku di www.robert-halim.co.cc

1 comment:

Tya_Production said...

Menarik sekali Peluang Info
yang di tawarkan.
Sebagai pelengkap, mungkin bisa juga berkunjung ke tempat

kami di :

http://royalchlorophyll.blogspot.com

Salam sukses.


Ibu Tya,
Marketing Manager
HP 0856 4860 1744

CV Naga Timur
Ruko Graha Andrela
Jl Ngagel Jaya Indah C 65-67
Surabaya 60284