Friday, September 11, 2009

Jalan Tol Termahal di Dunia, ada di Indonesia !!!

Tahukah "jalan tol" termahal di dunia? Alvin Lie punya jawabnya. Politisi PAN ini menyatakan, "jalan tol" termahal di dunia terdapat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Untuk melalui jalan sekitar 1,5 km ini pengendara mobil harus merogoh kocek Rp 4.000, lebih mahal dari tol sektor Kapuk-Cengkareng. "Setiap mobil masuk dipungut Rp 4.000 yang konon untuk biaya parkir, kenyataannya setiap mobil parkir maupun tidak tetap dipungut biaya," kata Alvin Lie kepada detikcom, Senin (1/6/2009).

Setiap mobil yang hanya mengedrop atau mengangkut penumpang juga kena biaya, padahal panjang jalan itu hanya 1,5 km saja. "Itu ibarat membayar tol," kata anggota DPR ini.

Alvin juga mengeluhkan pelayanan Terminal 3 Soekarno-Hatta. Menurutnya gerbang "tol" itu hanya dibuka satu pintu hingga pukul 07.00 WIB, dan itu pun dioperasikan serba manual.

"Antreannya jadi panjang, padahal keberangkatan pagi sudah mulai sibuk sejak pukul 06.00 WIB," katanya.

Bagaimana Pendapat Anda ? Sharing yuk di sini dan temukan artikel-artikel menarik lainnya..

3 comments:

Lembayung said...

Tolong dicek dulu, yang dimaksud ini: jalan tol atau masuk area/parkir Terminal Bandara 3. Lain lho posisinya - tidak bisa dicampur adukkan karena otoritas yang mengelola area/parkir Terminal Bandara dengan yang mengelola jalan tol berbeda.

Robert said...

Ini artikel dari detik bos.. saya cm ambil2 aja hehe...

di detik sih bilangnya jalan tol

Anonymous said...

@lembayung
Semua jalan mau jalan kecil, jalan besar ato trotoar kalo kalo lewat situ mesti mbayar ya namanya tetap jalan tol mas :D

Jalan tol itu jalan yg mesti bayar atas kompensasi pemakaian ruang jalan tol

Memang di Indonesia salah kaprah, jalan bebas hambatan disebut jalan tol, padahal bukan itu. Di negara maju banyak jalan yang sekualitas jalan tol namanya highway/freeway tapi gak perlu bayar/gratis

Tapi memang jalan spesifikasi tinggi kayak gt biaya investasi + operasi/pemeliharaannya mahal, biaya tersebut dibebankan ke pengguna jalan namanya jd jalan tol :D