Thursday, August 20, 2009

Oracle Critical Patch Updates and security Alerts

Buat yang suka baca blog gw, mungkin pada bingung yak kok tiba-tiba ada postingan tentang Oracle gitu... Hehe harap maklum aja ya soalnya emang bidang pekerjaannya di Oracle jadi harus sering-sering update info dan belajar bersama Oracle. Lagipula lumayan juga kan lewat aksi tanya jawab ini, kalian juga bisa belajar dikit-dikit tentang dunia Oracle hehe..Kali ini saya akan membahas tentang Oracle Critical Patch Updates and security Alerts. Apa itu Oracle Critical Patch Updates dan Security Alerts ? Yukz mari sama-sama kita bahas.

Oracle akhir-akhir ini mengeluarkan Critical Patch Update (CPU) yang baru tidak hanya untuk produk tertentu saja tapi untuk semua produk Oracle (tak terlepas apakah itu OAS, Collaboration Suite, Peoplesoft,dll)

Apa itu Critical Patch Updates (CPU) ?
CPU adalah semua masalah keamanan/bugs yang dikumpulkan bersama dan didistribusikan sebagai patch (penambal) setiap 3 bulan ( biasanya di Januari, April, JUly dan Oktober). Nah semua patch ini yang kita sebut CPU.

Trus apa dong itu Security Alerts ?
Security Alerts itu adalah sebutan Oracle untuk CPU sebelum tahun 2005 ( contohnya nih : Alert 21, dll)

Trus apa dong Masalah Keamanan / Bugs biasanya ?
Bermacam-macam sih, mulai dari akses yang tak bertanggungjawab ke aplikasi sampai penyerangan ke server sehingga user ga bisa akses applikasinya ( ini mirip DoS - Denial of Service)
Ehm mungkin saya kasih contoh aja kali ya supaya ada gambaran : Jadi kalo misalnya kita masuk ke aplikasi tanpa menggunakan hak akses yang seharusnya nah itu bisa terhitung sebagai masalah keamanan.

Dimana sih kita bisa dapetin Oracle Alerts dan CPU ?
Mudah saja, coba buka halaman http://www.oracle.com/technology/deploy/security/alerts.htm. Mungkin agak susah kalo kita baru baca pertama kali, tapi kalo uda sering baca (2-3x) lama2 juga mudeng / ngerti hehee..

Ok deh, sampai sini dulu pembahasan tentang Oracle. Semoga bermanfaat buat semuanya. Gb



No comments: