Friday, September 18, 2009

[HOT] WHAT'S WRONG WITH DAVINCI CODE ?

Tidak sengaja ketika gw lagi bebenah kamar, gw nemuin catatan kecil tentang Davinci Code, sebuah novel yang sangat laris di masanya sampai-sampai dibuatkan versi filmnya. Catatan ini berisi fakta dan fiksi dari sebuah novel yang dikarang oleh Dan Brown ini. Berikut catatan yang temukan ini berbicara soal Davinci Code.

Buku ini dimulai dengan mengatakan bahwa dokumen-dokumen di dalamnya adalah fakta namun kenyataannya lebih dekat ke fiksi historical (+ ada 150 kesalahan di novel ini kalo dibandingkan dengan sejarah yang sesungguhnya).

Secara garis besar di dalam Davinci COde, seorang Dan Brown telah berhasil menciptakan kesan-kesan bahwa :
- ada teori persekongkolan konspirasi
- ini melibatkan gereja katolik roma
- fokus pada 'rahasia' telah sungguh terbongkar

Tokoh utama dari novel ini adalah RObert Langdon yang dipandang sebagai seorang pahlawan karena berhasil memecahkan misteri. Beberapa penekanannya antara lain :
- setiap iman di seluruh dunia adalah berdasarkan sesuatu yang dibuat manusia (fabrication).
- setiap agama menggambarkan Tuhan melalui alegori dan gambaran-gambaran yang berlebihan
- kita bayangin Tuhan tapi itu tak dapat dibuktikan
- iman adalah menerima sesuatu yang kita bayangkan benar tanpa harus membuktikannya

Dari novel ini ditemukan 7 kesalahan fatal (deadly errors) :
1. injil gnostik lebih awal dari injil kanonik
FAKTA : Ini Salah. Tidak ada 80 injil yang kita kenal

2. gulungan naskah Laut Mati & Nag Hamadi adalah naskah-naskah Kristen yang paling awal dan tua.
FAKTA : Naskah ini dibuat oleh sekte orang Yahudi bukan orang Kristen. Tidak ada bukti bahwa Nag Hamadi muncul akhir abad ke-2.

3. KOnstantin adalah orang jahat yang menekan dan menindas injil gnostik dan memaksakan doktrin Kristus dan injil Kanon untuk keutuhan gereja Kristus.
FAKTA : Tahun 125 keempat injil (codex) sudah ada dan terbentuk. COnstantin baru ada pas abad ke-2. COnstantin tidak membuat gereja percaya pada injil kanon tapi gereja sudah percaya terlebih dahulu pada Injil kanon.

4. Yesus menikah dengan Maria Magdalena
FAKTA : Yoh 20:12, perkataan Maria dan jawaban Maria, "TUhan tlah diambil" harusnya kan "suamiku tlah diambil", begitu juga dengan respon Yesus atas pertanyaan Maria.

5. Yesus pasti sudah menikah karena Ia Yahudi
FAKTA : ada orang-orang Yahudi yang tidak menikah. contohnya Yohanes Pembabtis

6. Yesus, manusia biasa/nabi besar namun orang Kristen membuatNya jadi ALlah di KOnsili Nicea.
FAKTA : INjil Yoh banyak bicara bahwa Yesus adalah Allah dan di banyak injil Alkitab.

7. Misinterpretasi bahwa ALlah itu adalah feminisme yang sakral.
FAKTA : God is Spirit. ALlah hanya disebut 30-an kali sebagai Bapa dalam Alkitab(PL).Ini muncul juga dari hubungan Yesus dan Allah Bapa sendiri. Ini adalah perintah Yesus ketika berdoa panggil nama "Bapa", ga ada hubungannya dengan patriarkal, matrilineal, dsb

Mengapa dunia bisa terpengaruh sangat akan Davinci Code ?
Karena dunia 'buta' alkitab dan tak punya pengetahuan tentang kekristenan awal dengan baik. Dunia postmodern adalah dunia dengan kekuatan retorika bukan ketepatan dari laporan analisa / fakta.

Gnostik Gospel itu ditulis setelah injil-injil di Alkitab. Ditulis oleh orang lain bukan tokoh ALkitab. berasal dari Gnosis yang berarti pengetahuan. Suatu gerakan pada abad ke-2. Perbedaan utama antara gnostik dan injil adalah misalnya materi sifatnya jahat, hanya roh yang baik. Ada 2 allah ; allah roh & menciptakan langit+bumi karena ada pembagian tugas. Gnostik tidak anggap PL sebagai bagian dari utama. Tokohnya adalah Valentinius. Gnostik menklaim bahwa pengetahuan rahasia harus diselamatkan. Keselamatan tergantung pada apa yang kita tahu (pengetahuan tertentu), bukan siapa yang kita kenal (keselamatan karena diri sendiri).

Koleksi terbesar injil Gnostik adalah Nag Hamadi yang ditemukan di padang gurun Mesir deket biara Saint Peconius. Gnostik ditulis dalam bahasa Koptik (Mesir kuno) sehingga itu ditulis pada abad 2M. Gnostik pada umumnya bersifat asketik dan patriarkat, tak ramah terhadap kanon feminist. Gnostik percaya pada 'ciuman kudus' untuk memberikan transfer ilmu pengetahuan abstrak. Injil Maria dan Filipus baru muncul belakangan, jadi injil Gnostik itu tidak ada bukti bahwa Yesus dan Maria pernah menikah karena alasan di atas. Gnostik adalah paham polytheisme. Gnostik tidak muncul dari dunia berhala, gnostik muncul akibat perpaduan antara Filsafat YUnani dan Kekristenan. Gnostik percaya pada tingkatan alam semesta (alam material dan roh) dan ada tingkatan allah di dalamnya ada allah rendah dan allah yang tinggi.

Demikian catatan sementara tentang Davinci COde yang gw temukan dari arsip purbakala..
Untuk lanjutannya, silakan menanti di http://www.robert-halim.co.cc

No comments: