Wednesday, December 23, 2009

ORA-32004: obsolete and/or deprecated parameter(s) specified

Untuk teman-teman yang sering menemukan pesan ORA-32004: obsolete and/or deprecated parameter(s) specified ketika startup database, kini ada jalan keluarnya. Error ini diakibatkan adanya beberapa parameter pada initialization parameter file yang sudah obsolete / tidak berlaku lagi di Oracle versi tertentu. Error seperti ini tidak berbahaya, namun agak mengganggu pemandangan saja hehe..

Jika ada yang pernah mengalami error seperti ini ketika melakukan startup database, maka lakukan langkah-langkah berikut :
1. buka sqlplus dan login sebagai SYS user
2. lihat parameter yang sudah obsolete di Oracle namun masih digunakan di initialization parameter file pada alert.log dengan text : “Deprecated system parameters with specified values: “biasanya setelah tulisan database startup).
3. Buang atau jadikan parameter yang sudah obsolete/deprecate sebagai comment dengan menggunakan tanda # atau dengan perintah alter system reset cpu_count scope=spfile sid='*'

(Untuk informasi parameter lain, bisa dilihat di http://www.lorentzcenter.nl/awcourse/oracle/server.920/a96530/changes.htm#638059)

No comments: