Saturday, January 2, 2010

Bahasa Alay Gaul Generator

Akhir-akhir ini bahasa alay semakin santer terdengar. Entah siapa yang memulai gaya hidup yang bernama 'alay',apakah ini berhubungan dengan skandal mALAYsia atau hanyalah sekedar iseng-iseng saja? Bagaimana kah gejala=gejala bahasa alay ini? Sejauh yang saya pantau dari situs-situs keramat dan forum-forum yang ramai, ada beberapa gaya style berbahaya alay yang baik dan benar dan semuanya ini dicantumkan dalam EYD (baca : Ejaan Yang Di-alaykan).


Contoh-contoh bahaya alay ini antara lain menggunakan kata DotCom contoh : alayDotCom, capaiDotCom. Lalu bisa juga menggunakan kalimat sakti yang hampir mirip dengan ajian pamungkas Alm. Gus Dur yaitu okEdheEgGhH kH4LoE BhEgh!tOee (baca : Okelah Kalo Begitu). Ada juga bahasa alay yang menggunakan kombinasi angka dan huruf dalam kalimatnya seperti In1 c0nt0h text b4h454 4l4y (baca : Ini Contoh Text Bahasa Alay). Beberapa dari kaum 'alay' menyukai gaya penulisan yang lebih rumit (gabungan huruf besar-kecil dan singkatan angka serta huruf yang mengandung arti lebih seperti 1N cNth txt bh5 4l4Y yN6 lbh Rumt N4mn Bersn 4ly Tn661 (Ini contoh text bahasa alay yang lebih rumit namun berseni alay tinggi). Ada juga teman saya yang suka membalik-balikan kata yang tidak usah dibalik pun uda cukup rumit dimengertinya seperti :woles (selow : pelan-pelan), lais (sial), dan lain-lain.. Nampaknya perbendaharaan bahasa alay akan mengisi pola berbahasa di Negeri Indonesia ini.

Bahkan ada salah satu penghuni negara Indonesia (baca : orang lokal produksi negara Indonesia bukan impor) yang membuat sebuah situs generator bahaya alay tersendiri yang digunakan untuk mereka yang ingin terlihat seperti alay beneran. Aneh-aneh aja namun ini beneran loh.. Nama situsnya itu adalah http://www.alaygenerator.co.cc. Untuk menggunakan situs generator ini pun cukup mudah karena hanya bersifat sbagai konverter dan sifatnya free alias gratis.

Sepertinya ini bentuk kebudayaan berbahasa dan gaya hidup manusia di Indonesia saat ini. Gaya alay yang bisa berarti lebay. Entah apakah ini salah satu bentuk budaya yang harus disyukuri ataukah sesuatu bentuk budaya yang perlu dihindari. Harus diakui secara jujur bahwa ada beberapa dari kita yang cukup sebel dengan orang-orang yang terlalu alay atau menggunakan bahasa komunikasi yang alay abis. Terkadang saya juga merasa 'sakit-mata' membaca tulisan seperti ini "1N cNth txt bh5 4l4Y yN6 lbh Rumt N4mn Bersn 4ly Tn661".

Kita lihat saja apakah bahasa alay yang banyak digunakan orang ini akan sekedar menjadi efek-coca-cola saja atau akan melekat permanen pada diri orang tersebut.. Biar waktu yang akan menjawabnya. Sebagai penutup, izinkan saya menggunakan sedikit hasil dari AlayGenerator ini untuk paragraf penutup berikut.

untk Pr 4ly, J4n6n lmp4r1n sy dN6n Bt yah, jn6n mRahn 5t5 in Dn6n bh54 4ly. sy cm MNYmpkn sDk1t pNDp4t 54Y4 tntn6 bHS4 Dn lf sTyl d4R 4ly-R5. (Hasil sumbernya bisa dilihat di www.robert-halim.co.cc

4 comments:

Ida said...

berarti ko r083rt termasuk alay.. hhahaha.. :p

Anonymous said...

r083rt <-- アライ人

Natha Lia said...

huahuhauhauahua.....ada2 aja...mank ada bahasa gaulnya juga ya......

See More My Blog

Natha Lia Blog

Download Ebook Free

Download Full Free Software

Adult Blog

belajarseo said...

@Nat : ada dong mbak.. bahasa alay gaul banget