Friday, March 5, 2010

Berani Terima Kejutan dariNYA ?

Saya pikir tidak ada orang yang tidak suka jika diberi kejutan apalagi jika kejutan itu dapat membuatnya tersenyum & senang. Kita perlu kejutan-kejutan agar terlepas dari kehidupan yang rutinitas : gitu-gitu aja. Kejutan membuat hidup ini jadi lebih indah, ada dinamika kapan keras, kapan lembut dan tidak monoton.

Begitu juga dengan kehidupan kita, seringkali Tuhan memberikan kejutan-kejutan yang sungguh di luar sangkaan dan kendali kita. Terkadang kejutan yang Ia berikan membuat kita tersenyum dan bersyukur padaNya. Namun tak jarang kejutan yang Ia berikan di lain waktu adalah kejutan yang membuat kita bertanya, mempertanyakan keadilanNya, kasihNya dan kemahakuasaanNya. Kejutan-kejutan dari Tuhan terkadang lepas dari apa yang sudah kita perkirakan sebelumnya. Lepas dari segala perencanaan & strategi hidup yang sudah kita susun rapi dan teratur.

Ia tahu kapan dan bagaimana cara menyampaikan kejutan-kejutan ini. Ia tahu dinamikanya. Ia tahu titik-titik dalam kehidupan kita dimana kita perlu 'dibangunkan' atau 'dijatuhkan' agar hidup ini bisa berjalan lebih indah, lebih teratur, sesuai yang Tuhan mau. Ia bisa menggunakan apa saja dan siapa saja untuk memberikan kejutan tersebut. Ia tidak terpaku pada cara dan metode yang itu-itu saja. Ia tidak terpaku pada tata cara aturan manusia dan pola pikir yang Ia berikan pada manusia.

Ia menggunakan penderitaan & pergumulan untuk memurnikan iman kita seperti yang dilakukanNya pada Daniel dan kawan-kawannya. Ia pernah menggunakan tantangan hawa nafsu seksual untuk melihat sejauh mana kekudusan Yusuf. Ia nyaris membuat Abraham kena serangan jantung akibat harus mengorbankan anaknya, Ishak. Ia juga yang mengizinkan bencana dan sakit penyakit menghampiri kehidupan orang saleh seperti yang Ia pernah lakukan pada hambaNya Ayub. Ia juga pernah mengejutkan 1 bangsa besar yaitu bangsa Mesir dengan 10 tulahNya yang menghajar mereka habis-habisan. Bahkan ketika Anak Allah yang tunggal itu mau datang ke dunia dan rela merendahkan diri serendah-rendahnya demi manusia yang dikasihiNya, bukankah ini pun adalah sebuah kejutan yang di luar nalar kita semua ?

Allah bukan Allah yang bisa dan dapat kita dikte, kita bayar, kita ancam dan kita sogok layaknya seperti yang dapat kita lakukan pada sesama kita. Ia Allah yang konsisten namun kreatif. Allah yang holistik, yang juga misteri. Allah yang unpredictable, hikmatNya terlalu dalam untuk diselami otak manusia yang terbatas, umat ciptaanNya ini. Ia Allah yang dinamis dan selalu bekerja memberikan kejutan-kejutan dalam hidup kita agar kita punya memiliki kehidupan yang dinamis, bukan kehidupan yang monoton dan sekedar rutinitas. Bukan pula ALlah yang sanggup dibelokkan dengan doa dan puasa.

Mungkin sulit bagi kita untuk memahami apa yang sedang Allah kerjakan dalam kehidupan kita saat ini. Entah kejutan-kejutan apa yang sedang Ia persiapkan di depan sana. Perjalanan hidup masih panjang dan penuh dengan tantangan. Satu hal yang pasti, semua hal yang Allah izinkan terjadi entah itu suatu kejutan yang menurut kita baik dan menyenangkan maupun kejutan yang tidak baik dan menyenangkan - semua itu dipakaiNya, dirancangkanNya demi kebaikan kita (Yer 29:11) & demi penggenapan visi manusia ilahi yang tertanam ketika penciptaan manusia.

Tidak ada sesuatu pun yang jahat yang dapat menjamah kita tanpa seizinNya. Bahkan apa yang menurut kita kurang baik, diubahNya, dibentukNya menjadi sesuatu yang baik dan berguna untuk kita.

Hiduplah dengan pengharapan bahwa semua kejutan yang Allah berikan adalah untuk membentuk kita semakin baik lagi dan yakinlah bahwa Allah memberikan kejutan yang tidak melebihi batas kemampuan setiap penerima kejutan-nya.

Selamat menerima kejutan-kejutan dari Allah.

3 comments:

olive said...

getting any surprises lately?
:)

Robert said...

almost everyday in this week I get surprises from Him

Heri Kurniawan said...

What a great big wonderful "Director of Life" God we have