Tuesday, March 16, 2010

Membuat Website Pribadi GRATIS

Banyak teman saya yang bertanya pada saya bagaimana cara membuat website dengan domain sendiri yang sederhana dan gratis. Kali ini saya akan coba membahasnya dengan lebih sederhana. Di bawah ini adalah langkah-langkah detail dari awal hingga akhir. Kita bisa membuatnya untuk keperluan pribadi, LSM, perusahaan, kantor, dll. Sebagai contoh Kita bisa lihat hasil dari website gratis ini DISINI (Window baru). Silahkan anda ikuti langkahnya satu persatu dengan hati-hati dan teliti. Selamat mencoba.

Domain adalah nama untuk website anda. Untuk langkah awal, klik gambar di bawah ini (open in a new window).



Setelah anda klik, maka akan terbuka window baru dengan tampilan seperti di bawah ini.



Perhatikan dan
lihat bagian yang saya beri tanda.


Coba masukkan nama yang ingin anda gunakan sebagai nama website anda. Dibawah ini saya memberi contoh dengan memberikan nama "bisnis" setelah itu klik Check Availability.


Ternyata nama domain tersedia, berarti belum ada yang memakai, tapi nama ini TIDAK GRATIS, anda harus membayar $10 untuk 1 tahun, karena kita ingin membuat Website secara gratis, maka klik pada bagian yang saya beri tanda panah. Lihat ilustrasi di bawah in



Saya coba lagi dengan nama "selamatpagi", lalu klik Check availability


Ternyata domain "selamatpagi" sudah ada yang punya, maka klik kembali pada bagian yang saya beri tanda panah. Lihat ilustrasi di bawah ini.



Lalu saya mencoba nama domain "lati-han" lalu klik Check availability...


Naahhhh..... dapet deh, ternyata nama domain "lati-han" masih tersedia dan gratis. Selanjutnya klik "Continue to registration" seperti yang terlihat pada ilustrasi di bawah ini.

Setelah masuk window baru, klik bagian yang saya beri tanda panah dan lingkaran seperti di bawah ini...


Di sini anda masukkan data-data yang di perlukan, pada bagian Word Verification, masukkan huruf dan angka yang tersedia sesuai dengan yang anda lihat, di bawah hanyalah contoh pada saat saya membuat website gratis ini.



Lanjutkan ke dengan mengisi informasi yang benar...



Ini adalah contoh yang saya isikan, setelah itu jangan lupa untuk memberikan tanda pada bagian yang saya lingkari, lalu klik "Create an account now"




Selamat anda telah memiliki domain anda sendiri (www.namaanda.co.cc) dan telah menyelesaikan tahap pertama dalam pembuatan domain




No comments: