Sunday, February 12, 2012

Mari Berjuang Kawan !

Waktu berjalan begitu cepat sampai-sampai saya hampir lupa kalau sekarang ialah tahun 2012. Rasa-rasanya seakan-akan masih 2011 saja. Begitu cepat, sampai-sampai saya harus kembali mengingat-ingat apa-apa saja yang sudah dikerjakan selama satu bulan terakhir. Lebih banyak hal yang positif atau yang negatif kah ?
Dari kecil kita sudah ditanamkan konsep waktu itu begitu berharga dan disejajarkan dengan uang. Time is money. Hidup ini harus produktif dan efektif. Jangan membuang-buang waktu, demikian yang orangtua kita ajarkan. Kemudian kita pun mulai sadar dan mulai menyusun aktivitas-aktivitas kita sesuai dengan kapasitas yang ada. Kita begitu berjuang untuk menggunakan semua waktu yang ada untuk bekerja, belajar, beraktivitas, pokoknya harus bergerak, harus aktif, harus menghasilkan sesuatu, tidak boleh diam berpangku tangan saja.
Namun pada akhirnya kita pun harus jujur. Kita terbatas, bukan mesin, masih manusia biasa. 
Ada saat-saat dimana kita berada dalam kondisi jenuh, pikiran yang bercabang, beban kerja & deadline yang menumpuk; seolah-olah begitu banyak yang harus dikerjakan ke depan. Masalah dan pergumulan nampaknya bertemu menjadi satu. Tiada habis-habisnya.
Mari ambil waktu sejenak. Mundur sejenak dari segala rutinitas yang ada. Dari hiruk pikuk kebisingan yang ada. Dari segala ketakutan dan perasaan terburu-buru. Mundur perlahan-lahan. Kembali duduk diam di hadiratNya. Duduk diam bukan berarti kita tidak efektif, bukan pula berarti kita tidak produktif. Duduk diam bukan juga bermeditasi & mengosongkan pikiran. Sebaliknya, kita menenangkan hati dan jiwa ini. Kembali merenungkan kembali Firman & karyaNya yang telah kita alami. Setiap kebaikanNya, setiap pertolonganNya menghangatkan kita kembali. Kita tersadar dari kesibukan dan pola hidup yang dikejar-kejar waktu. Kita belajar apa itu hidup yang produktif dan efisien. Load and balancing. Diseimbangkan kembali dari rutinitas yang ada. Diarahkan kembali ke panggilan mula-mula, sesuai maksud dan tujuan Allah.
Pada akhirnya, setiap janji, setiap Firman, setiap pengalaman nyata yang kita alami akan menjadi suatu pengharapan & kekuatan untuk kembali tersenyum, kembali berjuang & menata hidup ini kembali. Berjalan menantang dunia ini. Tidak sendiri, bersama Allah.
Mari berjuang kawan !

3 comments:

irene salomo said...

hohoho yep, pas banget hari ini baru baca Lukas 5:15-16, waktu Yesus bisa mengundurkan diri n berdoa padahal orang2 dah berbondong2 dtg dr berbagai tempat :P

dodo said...

Bener banget.. sering banget saking sibuknya malah lupa waktu terbaik kita dimulai dari berdiam, bersaat teduh... kita sok sibuk sama Tuhan..

thx sudah berbagi bert...

nomor 81 said...

blog yg menarik dan smoga byk yg mengunjungi..:) terima kasih